Masalah kependudukan merupakan masalah umum yang
dimiliki oleh setiap negara di dunia ini. Secara umum, masalah
kependudukan di berbagai negara dapat dibedakan menjadi dua,
yaitu dalam hal kuantitas dan kualitas penduduknya. Data tentang
kualitas dan kuantitas penduduk tersebut dapat diketahui melalui
beberapa cara, diantaranya melalui metode sensus, registrasi, dan
survei penduduk.
1. Sensus Penduduk
Sensus adalah penghitungan jumlah penduduk, ekonomi, dan
sebagainya yang dilakukan oleh pemerintah dalam jangka waktu
tertentu, dilakukan secara serentak, dan bersifat menyeluruh dalam
suatu batas negara untuk kepentingan demografi negara yang bersangkutan.
Pada pelaksanaannya, metode pencatatan atau sensus
yang digunakan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu metode householder
dan metode canvaser.
a. Metode Householder
Pada metode ini, pengisian daftar pertanyaan tentang data
kependudukan diserahkan kepada penduduk atau responden,
sehingga penduduk diberi daftar pertanyaan untuk diisi dan akan
diambil kembali beberapa waktu kemudian. Metode semacam ini
hanya dapat dilakukan pada daerah yang tingkat pendidikan
penduduknya relatif tinggi, karena mereka mampu memahami dan
menjawab setiap pertanyaan yang diserahkan kepada mereka.
b. Metode Canvaser
Pada metode ini, pengisian daftar pertanyaan tentang data
kependudukan dilakukan oleh petugas sensus dengan cara
mendatangi dan mewawancarai penduduk atau responden secara
langsung. Petugas sensus mengajukan pertanyaan-pertanyaan
sesuai daftar dan penduduk yang didatangi menjawab secara lisan
sesuai dengan keadaan atau kondisi yang sebenarnya.
Adapun berdasarkan status tempat tinggal penduduknya,
sensus dapat dibedakan menjadi sensus de facto dan sensus de jure.
a. Sensus De Facto
Pada metode ini, pencatatan dilakukan oleh petugas pada setiap
orang yang ada di daerah tersebut pada saat sensus diadakan.
Metode sensus ini tidak membedakan antara penduduk asli yang
menetap ataupun penduduk yang hanya tinggal sementara waktu.
b. Sensus De Jure
Pada metode ini, pencatatan penduduk dilakukan oleh petugas
hanya untuk penduduk yang secara resmi tercatat dan tinggal
sebagai penduduk di daerah tersebut pada saat dilakukannya sensus,
sehingga dapat dibedakan antara penduduk asli yang menetap
dan penduduk yang hanya tinggal untuk sementara waktu atau
yang belum terdaftar sebagai penduduk setempat. Dengan menggunakan
sensus de jure, penduduk yang belum secara resmi tercatat
sebagai penduduk di daerah tersebut tidak disertakan dalam
penghitungan.
Di Indonesia, pada umumnya sensus
penduduk dilakukan dengan metode canvaser
dengan mengombinasikan antara sensus de
facto dan sensus de jure. Bagi mereka yang
bertempat tinggal tetap dipakai cara de jure,
sedangkan untuk yang tidak bertempat tinggal
tetap dicacah dengan cara de facto.
Sensus penduduk perlu dilakukan agar
pemerintah memiliki data kependudukan yang
up to date (sesuai perkembangan zaman),
sehingga pemerintah dapat:
- mengetahui perkembangan jumlah penduduk,
- mengetahui tingkat pertumbuhan penduduk,
- mengetahui persebaran dan kepadatan penduduk,
- mengetahui komposisi penduduk (berdasarkan jenis kelamin,
tingkat pendidikan, umur, mata pencaharian, dan sebagainya),
- mengetahui arus migrasi, serta
- merencanakan pembangunan sarana dan prasarana sosial
sesuai dengan kondisi kependudukan daerah.
2. Registrasi Penduduk
Selain melalui sensus data kependudukan juga dapat diperoleh
melalui registrasi. Sistem registrasi penduduk merupakan
suatu sistem registrasi yang dilaksanakan oleh pemerintah setempat
yang meliputi pencatatan kelahiran, kematian, perkawinan,
perceraian, perubahan tempat tinggal atau perubahan pekerjaan.
Tujuan registrasi penduduk yaitu sebagai suatu catatan resmi
dari peristiwa tertentu dan sebagai sumber yang berharga bagi
penyusunan yang langsung dapat digunakan dalam proses
perencanaan kemasyarakatan.
Di Indonesia, sistem registrasi tidak dilakukan oleh satu
departemen tetapi oleh beberapa departemen. Misalnya peristiwa
kelahiran dicatat oleh Departemen Dalam Negeri, kematian oleh
Departemen Kesehatan, migrasi penduduk oleh Departemen
Kehakiman. Data-data tersebut kemudian dihimpun oleh Badan
Pusat Statistik dan diterbitkan dalam seri registrasi penduduk.
Mengingat pelaksanaan sensus yang dilakukan hanya tiap 10
tahun, maka untuk memperoleh data yang up to date dengan segera,
pemerintah mengadakan penghitungan penduduk di luar jadwal
sensus, misalnya dengan melakukan Survai Penduduk Antarsensus
(Supas) dan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas). Jenis-jenis
pencatatan penduduk tersebut pada dasarnya untuk mengetahui
permasalahan kependudukan dari segi kuantitas dan kualitas
penduduk.
1. Kuantitas Penduduk
Masalah kependudukan
masalah kependudukan dalam hal jumlah. Permasalahan yang
terkait dengan kuantitas penduduk, dampak, dan upaya penanggulangannya,
secara singkat diuraikan berikut ini.
a. Jumlah Penduduk
penduduk yang besar (mencapai 203.456.000 berdasarkan sensus
penduduk tahun 2000), maka tidak heran jika
sebagai pasar yang menjanjikan bagi kalangan dunia usaha.
Sebenarnya, jumlah penduduk yang besar merupakan salah satu
modal dasar pembangunan. Akan tetapi, hal tersebut
dapat terjadi jika sumber daya manusia yang ada
merupakan sumber daya manusia yang berkualitas;
namun jika sumber daya manusia yang berkualitas
tersebut jumlahnya terbatas, maka banyaknya jumlah
penduduk merupakan kendala dalam melaksanakan
pembangunan. Hal ini dikarenakan tingginya tingkat
ketergantungan dari manusia yang tidak produktif
terhadap manusia yang produktif.
jumlah penduduk sejak sensus pertama
hingga terakhir (2000) dapat dilihat pada tabel di
samping.
3. Survai Penduduk
Hasil sensus dan registrasi penduduk masih
mempunyai keterbatasan karena hanya menyediakan
data statistik kependudukan dan kurang memberikan
informasi, tentang sifat dan perilaku penduduk
tersebut. Untuk mengatasi keterbatasan tersebut,
maka perlu dilaksanakan survai penduduk yang sifatnya
lebih terbatas dan informasi yang dikumpulkan lebih luas dan
lebih mendalam. Pada umumnya survai kependudukan ini
dilaksanakan dengan sistem sampel atau dalam bentuk studi kasus.
Survai demografi pada dasarnya
dapat dikelompokkan dalam tiga
tipe yaitu survai bertahap tunggal,
survai bertahap ganda, dan survai
kombinasi.
Saat ini, besarnya jumlah penduduk
pertama di antara negara-negara ASEAN, menempati urutan ke
tiga di Benua Asia setelah RRC dan
ke empat dunia setelah RRC,
tabel berikut!
Kenaikan jumlah penduduk di tiap negara tersebut secara
otomatis memengaruhi banyaknya jumlah penduduk dunia. Kondisi
ini merupakan bentuk dinamika penduduk dunia.
1 ) Dampak
Jumlah penduduk
ke tahun tentunya menimbulkan dampak terhadap kehidupan sosial
ekonomi
ditimbulkan dari banyaknya jumlah penduduk, antara lain:
a) meningkatnya kebutuhan akan berbagai fasilitas sosial;
b) meningkatnya persaingan dalam dunia kerja sehingga
mempersempit lapangan dan peluang kerja;
c) meningkatnya angka pengangguran (bagi mereka yang tidak
mampu bersaing); serta
d) meningkatnya angka kriminalitas.
2 ) Upaya Penanggulangan
Berikut ini beberapa kebijakan yang diambil pemerintah
a) Mencanangkan program Keluarga Berencana (KB) sebagai
gerakan nasional, dengan cara memperkenalkan tujuan-tujuan
program KB melalui jalur pendidikan, mengenalkan alat-alat
kontrasepsi kepada pasangan usia subur, dan menepis
anggapan yang salah tentang anak.
b) Menetapkan Undang-Undang Perkawinan yang di dalamnya
mengatur serta menetapkan tentang batas usia nikah.
c) Membatasi pemberian tunjangan anak bagi PNS/ABRI hanya
sampai anak kedua.
b. Pertumbuhan Penduduk
Seperti halnya negara-negara berkembang pada umumnya,
negara kita senantiasa mengalami peningkatan jumlah penduduk
dari tahun ke tahun.
Hal ini berarti
penduduk. Namun, jika diperhatikan, laju
pertumbuhan penduduk
periode cenderung mengalami penurunan.
Perhatikan tabel di samping.
1 ) Dampak
Permasalahan kependudukan yang ditimbulkan
dari pertumbuhan penduduk memiliki kesamaan
dengan permasalahan yang ditimbulkan dari
banyaknya jumlah penduduk.
2 ) Upaya Penanggulangan
Adapun usaha-usaha yang dilakukan pemerintah dalam
menekan laju pertumbuhan penduduk antara lain meliputi hal-hal
berikut ini.
a) Meningkatkan pelayanan kesehatan dan kemudahan dalam
menjadi akseptor Keluarga Berencana.
b) Mempermudah dan meningkatkan pelayanan dalam bidang
pendidikan, sehingga keinginan untuk segera menikah dapat
dihambat.
c) Meningkatkan wajib belajar pendidikan dasar bagi masyarakat,
dari 6 tahun menjadi 9 tahun.
c . Persebaran/Kepadatan Penduduk
Persebaran penduduk erat kaitannya dengan tingkat hunian
atau kepadatan penduduk
60% penduduknya tinggal di Pulau Jawa yang hanya memiliki luas
± 6,9% dari luas wilayah daratan
Secara umum, tingkat kepadatan penduduk atau
population density dapat diartikan sebagai perbandingan
banyaknya jumlah penduduk dengan luas
daerah atau wilayah yang ditempati berdasarkan
satuan luas tertentu.
Kepadatan penduduk dapat
dibedakan menjadi tiga macam, berikut ini.
1) Kepadatan Penduduk Berdasarkan Lahan
Pertanian
Kepadatan penduduk berdasarkan lahan pertanian dapat
dibedakan atas kepadatan penduduk agraris dan kepadatan
penduduk fisiologis.
a) Kepadatan penduduk agraris adalah perbandingan antara
jumlah penduduk yang bekerja di sektor pertanian dengan
luas lahan pertanian.
b) Kepadatan penduduk fisiologis adalah perbandingan antara
jumlah penduduk total (baik yang bermata pencaharian
sebagai petani ataupun tidak) dengan luas lahan pertanian.
Di kawasan Asia Tenggara negara
yang memiliki kepadatan penduduk
paling tinggi adalah Singapura
yaitu mencapai 6.600 penduduk per
km2.
2) Kepadatan Penduduk Umum (Aritmatik)
Kepadatan aritmatik merupakan perbandingan antara jumlah
penduduk total (tanpa memandang mata pencaharian) dengan
luas wilayah (baik lahan pertanian ataupun tidak). Untuk
perhitungan kependudukan di
perhitungan kepadatan penduduk umum (aritmatik).
3) Kepadatan Penduduk Ekonomi
Kepadatan penduduk ekonomi adalah besarnya jumlah
penduduk pada suatu wilayah didasarkan atas kemampuan
wilayah yang bersangkutan.
Kepadatan penduduk di tiaptiap
wilayah
sama, hal ini tentu saja menimbulkan
permasalahan kependudukan.
Permasalahan ini terkait dengan
penyediaan sarana dan prasarana
sosial, kesempatan kerja, stabilitas
keamanan, serta pemerataan pembangunan.
Informasi kepadatan penduduk tiap daerah
perlu diketahui untuk mengetahui ada tidaknya
gejala kelebihan penduduk (overpopulation),
untuk mengetahui pusat-pusat aglomerasi
penduduk, serta untuk mengetahui penyebaran
dan pusat-pusat kegiatan ekonomi maupun
budaya. Informasi-informasi tersebut pada akhirnya
akan digunakan sebagai dasar perencanaan
pembangunan di tiap-tiap daerah.
1 ) Dampak
Pemusatan penduduk pada daerah tertentu
(terutama di kawasan perkotaan dan pusatpusat
kegiatan) akan menimbulkan berbagai
permasalahan kependudukan, antara lain:
a) munculnya kawasan-kawasan kumuh
dengan rumah-rumah yang tidak layak huni.
2. Kualitas Penduduk
Masalah kependudukan
masalah kependudukan dalam hal mutu kehidupan dan kemampuan
sumber daya manusianya. Di Indonesia, masalah kualitas penduduk
yang terjadi, antara lain, dipengaruhi oleh masih rendahnya tingkat
pendidikan dan kualitas sumber daya manusia, rendahnya taraf
kesehatan sehingga kesemuanya itu pada akhirnya mengarah pada
rendahnya pendapatan perkapita masyarakatnya.
a. Masalah Pendidikan
Pendidikan merupakan salah satu indikator kualitas penduduk.
Semakin tinggi tingkat pendidikan yang dicapai, maka semakin
tinggi pula kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Secara
umum, tingkat pendidikan penduduk
relatif rendah. Akan tetapi, tingkat pendidikan masyarakat tersebut
senantiasa diupayakan untuk selalu ditingkatkan dari tahun ke
tahun. Perhatikan tabel berikut!
b) sulitnya persaingan di dunia kerja, sehingga menyebabkan
merebaknya sektor-sektor informal, seperti pedagang kaki
dapat mengganggu ketertiban;
c) turunnya kualitas lingkungan; serta
d) terganggunya stabilitas keamanan.
2 ) Upaya Penanggulangannya
Adapun usaha-usaha yang dilakukan pemerintah dalam
mengatasi dampak ketidakmerataan penduduk meliputi hal-hal
berikut ini.
a) Melaksanakan program transmigrasi.
b) Melaksanakan program pemerataan pembangunan dengan cara
mendistribusikan perusahaan atau industri di pinggir
(dekat kawasan pedesaan) di pulau-pulau selain Pulau Jawa.
c) Melengkapi sarana dan prasarana sosial masyarakat hingga
ke pelosok desa, sehingga pelayanan kebutuhan sosial ekonomi
masyarakat desa dapat dipenuhi sendiri dan dapat mencegah
atau mengurangi arus urbanisasi.
Hal-hal yang memengaruhi rendahnya
tingkat pendidikan di negara
meliputi hal-hal berikut ini.
1) Kurangnya kesadaran penduduk akan
pentingnya pendidikan, sehingga mereka
tidak perlu sekolah terlalu tinggi (khususnya
untuk anak perempuan).
2) Rendahnya penerimaan pendapatan perkapita,
sehingga orang tua tidak mampu
menyekolahkan anaknya lebih lanjut atau
bahkan tidak disekolahkan sama sekali.
3) Kurang memadainya sarana dan prasarana
pendidikan, khususnya di pedesaan dan
daerah-daerah terpencil.
4) Keterbatasan anggaran dan kemampuan pemerintah dalam
mengusahakan program pendidikan yang terjangkau
masyarakat.
1 ) Dampak
Rendahnya tingkat pendidikan penduduk akan berdampak
pada kemampuan penduduk tersebut dalam memahami dan
menghadapi kemajuan zaman, ilmu pengetahuan, dan teknologi.
Penduduk yang berpendidikan tinggi akan lebih mudah memahami
dan beradaptasi dalam menghadapi perkembangan zaman,
sehingga mereka akan lebih produktif dan inovatif.
2 ) Upaya Penanggulangan
Untuk menyikapi hal-hal tersebut, pemerintah telah mengambil
beberapa upaya dalam memperluas dan meratakan kesempatan
memperoleh pendidikan, diantaranya dengan jalan berikut ini.
a) Menggalakkan program wajib belajar 9 tahun.
b) Mendorong kesadaran masyarakat yang mampu atau badanbadan
usaha untuk menjadi orang tua asuh bagi anak-anak
kurang mampu.
c) Menyediakan beasiswa bagi siswa berprestasi, khususnya bagi
siswa berprestasi yang kurang mampu.
d) Membuka jalur-jalur pendidikan alternatif atau nonformal
(seperti kursus-kursus keterampilan) sehingga dapat
memperkaya kemampuan atau kualitas seseorang.
e) Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana
belajar mengajar hingga ke pelosok daerah.
Pengembangan sistem pendidikan nasional saat ini telah
dipertegas dalam Undang-Undang No 2 Tahun 1989, sehingga
diharapkan mampu mempertegas arah pembangunan yang
dilakukan pemerintah dalam upaya mencerdaskan bangsa.
b. Masalah Kesehatan
Tingkat kesehatan merupakan salah satu indikator kualitas
penduduk suatu negara. Dalam hal ini, tingkat kesehatan dapat diindikasikan
dari angka kematian bayi, angka kematian ibu
melahirkan, ketercukupan gizi makanan, dan usia harapan hidup.
1) Angka kematian bayi di
terus menurun dari tahun ke tahun. Pada tahun 1971,
angka kematian bayi mencapai 218 tiap 1.000 kelahiran, akan
tetapi pada tahun 1990, angka kematian bayi telah menurun
menjadi 8 tiap 1.000 kelahiran. Menurunnya angka kematian
bayi ini didukung oleh meningkatnya derajat kesehatan dan
gizi ibu. Kondisi ini juga berpengaruh terhadap angka
kematian ibu melahirkan yang cenderung menurun dari tahun
ke tahun.
2) Tingkat ketercukupan gizi masyarakat juga mulai meningkat.
Saat ini, pemerintah melalui Departemen Kesehatan menetapkan
standar ketercukupan gizi, yaitu 2.400 kalori/hari/kepala
keluarga. Artinya, suatu keluarga dikatakan sejahtera jika
mampu memenuhi angka ketercukupan kalori tersebut.
3) Angka harapan hidup adalah perkiraan rata-rata umur yang
dapat dicapai penduduk suatu negara. Angka ini di
cenderung mengalami peningkatan, dari 45,73 tahun pada
tahun 1971 menjadi 65,43 tahun pada tahun 2000. Akan tetapi,
angka tersebut masih tergolong relatif rendah, karena negaranegara
lain dapat mencapai 70 bahkan lebih dari 80 tahun.
1 ) Dampak
Rendahnya tingkat kesehatan masyarakat akan memunculkan
serangkaian dampak yang berhubungan dengan kualitas sumber
daya manusia. Generasi yang tidak ketercukupan gizi tentu akan
memiliki kondisi fisik dan psikis yang kurang bila dibandingkan
dengan generasi yang terpenuhi gizinya. Kondisi ini tentu sangat
berpengaruh pada pola pikir, ketahanan belajar,
dan kreatifitasnya.
2 ) Upaya Penanggulangan
Upaya-upaya yang dilakukan pemerintah
masyarakatnya ditempuh melalui langkahlangkah,
berikut ini.
a) Menjalin kerja sama dengan badan kesehatan
dunia (WHO) dalam mengadakan program
kesehatan, misalnya pelaksanaan Pekan
Imunisasi Nasional, standarisasi obat dan
makanan, serta peningkatan gizi masyarakat.
b) Melaksanakan program peningkatan kualitas lingkungan, baik
dengan kemampuan sendiri ataupun melalui kerja sama dengan
luar negeri (misalnya dengan menjalin kerja sama dengan badan
pembangunan dunia/UNDP). Salah satu contoh program
peningkatan kualitas lingkungan yang telah dan masih
dilakukan adalah Kampoong Improvement Programme (KIP).
c) Menggiatkan program pemerataan kesehatan
dengan cara melengkapi sarana dan prasarana
kesehatan yang meliputi tenaga medis, obatobatan,
dan alat-alat penunjang medis lainnya
hingga ke pelosok desa.
d) Menghimbau penggunaan dan penyediaan obatobat
generik bermutu sehingga dapat terjangkau
oleh masyarakat.
e) Meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat,
misalnya melalui program asuransi kesehatan
keluarga miskin (Askeskin) untuk keluarga
miskin (prasejahtera).
c . Rendahnya Pendapatan Perkapita
Pendapatan perkapita adalah banyaknya pendapatan kotor
nasional dalam satu tahun dibagi jumlah penduduk. Pendapatan
perkapita mencerminkan tingkat kemakmuran suatu negara.
Pendapatan perkapita negara
data tahun 2002 menyebutkan pendapatan perkapita
mencapai 2.800 dollar Amerika Serikat. Di antara negara-negara
anggota ASEAN saja,
Keadaan ini menggambarkan bahwa tingkat kehidupan
masyarakat
masyarakat prasejahtera dengan tingkat penghasilan yang relatif
rendah. Kondisi semacam ini dapat disebabkan keadaan sumber
daya alam yang tidak merata di tiap daerah, ataupun karena ketidakseimbangan
sumber daya manusia yang ada di tiap daerah.
1 ) Dampak
Rendahnya pendapatan perkapita akan berdampak pada
kelangsungan pelaksanaan pembangunan suatu negara. Beberapa
rencana pembangunan akan sulit diwujudkan karena pemerintah
tidak memiliki anggaran yang cukup untuk membiayai pelaksanaan
pembangunan. Akibatnya keadaan negara menjadi statis, tidak
berkembang karena tidak mengalami kemajuan.
2 ) Upaya Penanggulangan
Untuk mengatasi rendahnya tingkat pendapatan penduduk,
pemerintah telah melakukan beberapa langkah, antara lain meliputi
hal-hal berikut ini.
Di antara negara-negara berkembang
di kawasan Asia Tenggara,
negara yang memiliki angka
harapan hidup tertinggi adalah
Singapura yaitu sekitar 79 tahun.
Negara-negara lain yang memiliki
usia harapan hidup tinggi di antaranya
adalah negara-negara Eropa
Barat,
Amerika Serikat.
a) Memberikan subsidi keluarga miskin melalui berbagai program
sosial.
b) Memberi keringanan biaya pendidikan dan kesehatan untuk
masyarakat kurang mampu.
c) Meningkatkan standar upah buruh atau upah minimum
d) Memberikan modal atau pinjaman lunak dan pelatihan kepada
para pengusaha mikro dan pengusaha kecil agar dapat bertahan
atau dapat lebih berkembang.
e) Melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana sosial,
misalnya penyediaan air bersih, WC umum, perbaikan lingkungan,
ataupun sarana sanitasi lainnya.
Dari berbagai uraian tersebut, dapat disimpulkan
bahwa keadaan penduduk sangat
memengaruhi dinamika pembangunan dalam
suatu negara. Hal ini dikarenakan penduduk
merupakan titik sentral dari seluruh kebijakan dan
program pembangunan yang sedang dan akan
dilakukan oleh pemerintah. Dengan kata lain,
dalam konsep pembangunan, penduduk adalah
subjek dan sekaligus objek pembangunan. Sebagai
subjek pembangunan, manusia bertindak sebagai
pelaku dan pelaksana pembangunan. Adapun
sebagai objek pembangunan, penduduk merupakan
sasaran pembangunan.
Permasalahan penduduk di
(kuantitas) maupun mutu (kualitas) merupakan suatu masalah yang
dilematis dan kontradiktif. Di satu sisi jumlah penduduk yang besar
merupakan modal dan potensi yang dapat meningkatkan produksi
nasional apabila dapat dibina dan dikerahkan sebagai tenaga kerja
yang efektif sehingga sangat menguntungkan bagi usaha
pembangunan di segala bidang. Sebaliknya penduduk dengan mutu
dan kualitas yang rendah yang tidak mampu bersaing karena
minimnya kesempatan kerja yang tersedia, akan menjadi beban dan
penghambat pembangunan. Oleh karena itu, sebagai subjek
pembangunan, penduduk harus terus dibina dan dikembangkan
sehingga mampu menjadi motor penggerak dan modal dasar
pembangunan. Selain itu, pembangunan juga harus dikembangkan
dengan memperhitungkan kondisi dan kemampuan penduduk
sehingga penduduk dapat berpartisipasi aktif dalam dinamika
pembangunan.
Buatlah kliping yang memberitakan tentang upaya-upaya pemerintah dalam mengatasi
dampak dari permasalahan kuantitas dan kualitas penduduk! Kerjakan secara
berkelompok dan kumpulkan untuk mendapatkan penilaian dari bapak/ibu guru!
Macam Pertumbuhan Penduduk dan Faktor-
Faktor yang Memengaruhinya B.
1. Macam-macam Pertumbuhan Penduduk
Pertumbuhan penduduk secara umum dapat dibedakan menjadi
tiga macam, yaitu pertumbuhan alami, pertumbuhan migrasi, dan
pertumbuhan penduduk total.
a. Pertumbuhan Penduduk Alami
Pertumbuhan penduduk alami adalah pertumbuhan penduduk
yang diperoleh dari selisih kelahiran dan kematian. Pertumbuhan
alami dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut ini.
Keterangan:
Pa = L – M Pa = Pertumbuhan penduduk alami
L = Jumlah kelahiran
M = Jumlah kematian
b. Pertumbuhan Penduduk Migrasi
Pertumbuhan penduduk migrasi adalah pertumbuhan penduduk
yang diperoleh dari selisih migrasi masuk dan migrasi keluar.
Pertumbuhan penduduk migrasi dapat dihitung dengan menggunakan
rumus berikut ini.
Keterangan:
Pm = I – E Pm= Pertumbuhan penduduk migrasi
I = Jumlah imigrasi
E = Jumlah emigrasi
c . Pertumbuhan Penduduk Total
Pertumbuhan penduduk total adalah pertumbuhan penduduk yang
disebabkan oleh faktor kelahiran, kematian, dan migrasi. Pertumbuhan
penduduk migrasi dapat dihitung dengan rumus berikut ini.
Keterangan:
P = (L – M) + (I – E) P = Pertumbuhan penduduk total
L = Jumlah kelahiran
M = Jumlah kematian
I = Jumlah imigrasi
E = Jumlah emigrasi
Contoh:
Jumlah penduduk di negara X pada pertengahan tahun 2007
sebesar 24.500.000 jiwa. Pada tahun tersebut terdapat kelahiran
1.300.000 jiwa dan kematian 700.000 jiwa. Jumlah migrasi masuk
(imigrasi) pada tahun tersebut sebesar 20.000 jiwa dan migrasi
keluar 15.000 jiwa. Dari data tersebut hitunglah!
a. pertumbuhan penduduk alami
b. pertumbuhan penduduk migrasi
c. pertumbuhan penduduk total
Jawab:
a. Pertumbuhan Penduduk Alami
Pa = L – M
= 1.300.000 – 700.000
= 600.000 jiwa
Jadi, pertumbuhan penduduk alami di negara X pada periode
tahun 2007 sebesar 600.000 jiwa.
b. Pertumbuhan Penduduk Migrasi
Pm = I – E
= 20.000 – 15.000
= 5.000 jiwa
Jadi, pertumbuhan penduduk migrasi di negara X selama
periode tahun 2007 sebesar 5.000 jiwa.
c. Pertumbuhan Penduduk Total
P = (L – M) + (I – E)
= (1.300.000 – 700.000) – (20.000 – 15.000)
= 600.000 + 5.000
= 605.000 jiwa
Jadi, pertumbuhan penduduk total di negara X selama periode
tahun 2007 sebesar 605.000 jiwa.
Secara umum pertumbuhan penduduk di negara-negara
berkembang masih relatif tinggi di banding pertumbuhan penduduk
di negara-negara maju. Demikian juga negara
pertumbuhan penduduk yang masih relatif tergolong tinggi.
2. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan
Penduduk
Pertumbuhan penduduk suatu negara secara umum dipengaruhi
oleh faktor-faktor demografis (yang meliputi kelahiran,
kematian dan migrasi) serta faktor nondemografi (seperti kesehatan
dan tingkat pendidikan). Berikut ini dibahas faktor-faktor demografi
yang memengaruhi pertumbuhan penduduk yaitu kelahiran,
kematian, dan migrasi.
a. Kelahiran (Natalitas/Fertilitas)
Secara umum angka kelahiran dapat dibedakan menjadi tiga
yaitu angka kelahiran kasar, angka kelahiran khusus, dan angka
kelahiran umum.
1) Angka kelahiran kasar (Crude Birth Rate/CBR)
Angka kelahiran kasar yaitu angka yang menunjukkan
banyaknya kelahiran bayi setiap 1.000 penduduk.
CBR dapat dihitung dengan rumus berikut ini.
CBR = LP
× 1.000
Keterangan :
CBR : Crude Birth Rate (Angka Kelahiran Kasar)
L : Jumlah kelahiran selama 1 tahun
P : Jumlah penduduk pada pertengahan tahun
1.000 : Konstanta
Kriteria angka kelahiran kasar (CBR) di bedakan menjadi tiga
macam.
- CBR <>
- CBR antara 20 – 30, termasuk kriteria sedang
- CBR > 30, termasuk kriteria tinggi
2) Angka kelahiran khusus (Age Specific Birth Rate/ASBR)
Angka kelahiran khusus yaitu angka yang menunjukkan
banyaknya kelahiran bayi setiap 1.000 penduduk wanita pada
kelompok umur tertentu. ASBR dapat dihitung dengan rumus
berikut ini.
ASBR = i
i
L
P × 1.000
Keterangan :
- ASBR: Angka kelahiran khusus
- Li : Jumlah kelahiran dari wanita pada kelompok
umur tertentu
- Pi : Jumlah penduduk wanita umur tertentu pada
pertengahan tahun
- 1.000 : Konstanta
3) Angka kelahiran umum (General Fertility Rate/GFR)
Angka kelahiran umum yaitu angka yang menunjukkan
banyaknya kelahiran setiap 1.000 wanita yang berusia 15 – 49
tahun dalam satu tahun. GFR dapat dihitung dengan
menggunakan rumus berikut ini.
GFR =
L
W(15 - 49) × 1.000
Keterangan :
GFR = Angka kelahiran umum
L = Jumlah kelahiran selama satu tahun
W(15 – 49) = Jumlah penduduk wanita umur 15 – 49 tahun
pada pertengahan tahun.
1.000 = Konstanta
Besar kecilnya angka kelahiran (natalitas) dipengaruhi oleh
beberapa faktor. Berikut ini faktor pendorong dan faktor penghambat
kelahiran.
1) Faktor pendorong kelahiran (pronatalitas)
(a) Anggapan bahwa banyak anak banyak rezeki.
(b) Sifat alami manusia yang ingin melanjutkan keturunan.
(c) Pernikahan usia dini (usia muda).
Bab 2 Dinamika Penduduk 47
(d) Adanya anggapan bahwa anak laki-laki lebih tinggi nilainya,
jika dibandingkan dengan anak perempuan, sehingga
bagi keluarga yang belum memiliki anak laki-laki akan
berusaha untuk mempunyai anak laki-laki.
(e) Adanya penilaian yang tinggi terhadap anak, sehingga bagi
keluarga yang belum memiliki anak akan berupaya bagaimana
supaya memiliki anak.
2) Faktor penghambat kelahiran (antinatalitas)
(a) Adanya program Keluarga Berencana (KB).
(b) Kemajuan di bidang iptek dan obat-obatan.
(c) Adanya peraturan pemerintah tentang pembatasan
tunjungan anak bagi PNS.
(d) Adanya UU perkawinan yang membatasi dan mengatur
usia pernikahan.
(e) Penundaan usia pernikahan karena alasan ekonomi,
pendidikan dan karir.
(f) Adanya perasaan malu bila memiliki banyak anak.
b. Angka Kematian (Mortalitas)
Angka kematian dibedakan menjadi tiga macam yaitu angka
kematian kasar, angka kematian khusus, dan angka kematian bayi.
1) Angka kematian kasar (Crude Death Rate/CDR)
Angka kematian kasar yaitu angka yang menunjukkan banyaknya
kematian setiap 1.000 penduduk dalam waktu satu tahun.
CBR dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut ini.
CDR = MP
× 1.000
Keterangan :
ASDR = Angka kematian kasar
M = Jumlah kematian selama satu tahun
P = Jumlah penduduk pertengahan tahun
1.000 = Konstanta
Kriteria angka kematian kasar (CDR) dibedakan menjadi tiga
macam.
- CDR kurang dari 10, termasuk kriteria rendah
- CDR antara 10 – 20, termasuk kriteria sedang
- CDR lebih dari 20, termasuk kriteria tinggi
2) Angka kematian khusus (Age Specific Death Rate/ASDR)
Angka kematian khusus yaitu angka yang menunjukkan
banyaknya kematian setiap 1.000 penduduk pada golongan
umur tertentu dalam waktu satu tahun. ASDR dapat dihitung
dengan menggunakan rumus berikut ini.
ASDR =
MP
i
i × 1.000
Keterangan :
ASDR = Angka kematian khusus
Mi = Jumlah kematian pada kelompok umur tertentu
Pi = Jumlah penduduk pada kelompok tertentu
1.000 = Konstanta
3) Angka kematian bayi (Infant Mortality Rate/IMR)
Angka kematian bayi yaitu angka yang menunjukkan
banyaknya kematian bayi (anak yang umurnya di bawah satu
tahun) setiap 1.000 kelahiran bayi hidup dalam satu tahun.
IMR dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut ini.
IMR =
Jumlah kematian bayi umur <>
Jumlah kelahiran bayi hidup × 1.000
Keterangan :
Kriteria angka kematian bayi dibedakan menjadi berikut ini.
- IMR kurang dari 35, termasuk kriteria rendah
- IMR antara 35 sampai 75, termasuk kriteria sedang
- IMR antara 75 sampai 125, termasuk kriteria tinggi
- IMR lebih dari 125, termasuk kriteria sangat tinggi
Tinggi rendahnya angka kematian penduduk dipengaruhi oleh
beberapa faktor yaitu faktor pendorong dan faktor penghambat.
1) Faktor pendorong kematian (promortalitas)
(a) Adanya wabah penyakit seperti demam berdarah, flu
burung dan sebagainya.
(b) Adanya bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, banjir
dan sebagainya.
(c) Kesehatan serta pemenuhan gizi penduduk yang rendah.
(d) Adanya peperangan, kecelakaan, dan sebagainya.
(e) Tingkat pencemaran yang tinggi sehingga lingkungan tidak
sehat.
2) Faktor penghambat kematian (antimortalitas)
(a) Tingkat kesehatan dan pemenuhan gizi masyarakat yang
sudah baik.
(b) Negara dalam keadaan aman dan tidak terjadi peperangan.
(c) Adanya kemajuan iptek di bidang kedokteran sehingga
berbagai macam penyakit dapat diobati.
(d) Adanya pemahaman agama yang kuat oleh masyarakat
sehingga tidak melakukan tindakan bunuh diri atau membunuh
orang lain, karena ajaran agama melarang hal tersebut.
c . Migrasi
Migrasi merupakan salah satu faktor yang memengaruhi angka
pertumbuhan penduduk. Migrasi adalah perpindahan penduduk.
Orang dikatakan telah melakukan migrasi apabila orang tersebut
telah melewati batas administrasi wilayah lain.
1) Migrasi keluar adalah keluarnya penduduk dari suatu wilayah
menuju wilayah lain dan bertujuan untuk menetap di wilayah
yang didatangi.
2) Migrasi masuk adalah masuknya penduduk dari wilayah lain
ke suatu wilayah dengan tujuan menetap di wilayah tujuan.
Migrasi keluar adalah orang yang melakukan migrasi ditinjau
dari daerah asalnya, sedangkan migrasi masuk adalah orang yang
melakukan migrasi ditinjau dari daerah tujuannya.
Carilah data monografi penduduk di kelurahan kalian masing-masing. Catatlah data
kelahiran dan data kematian penduduk selama periode tahun 2007. Diskusikan hasil data
yang kalian peroleh dengan kelompok belajar kalian, kemudian hitunglah angka kelahiran
kasar (CBR), angka kelahiran khusus (ASBR), angka kelahiran umum (GFR), angka kematian
kasar (CDR), angka kematian khusus (ASDR) dan angka kematian bayi (IMR) selama
periode tahun tersebut dan buatlah kesimpulan dari hasil perhitungan kalian!
Kondisi Penduduk
C. Bentuk Piramida Penduduknya
Piramida penduduk pada dasarnya merupakan bentuk
penyajian data kependudukan (jenis kelamin dan kelompok
umur) antara dua grafik batang yang digambarkan secara
berlawanan arah dengan posisi horizontal. Penggambaran piramida
penduduk dimulai dengan menggambarkan dua garis yang saling
tegak lurus, sumbu vertikal menggambarkan kelompok umur
penduduk mulai 0 - 4 tahun hingga umur tertentu (> 65 tahun
atau > 75 tahun); sedangkan sumbu horizontal menggambarkan
jumlah penduduk tertentu, baik absolut ataupun relatif (dalam %).
Sayap sebelah kiri piramida menggambarkan jumlah penduduk lakilaki,
sedangkan sayap sebelah kanan piramida menggambarkan
jumlah penduduk perempuan.
Berdasarkan bentuknya, piramida penduduk dapat dibedakan
menjadi piramida penduduk ekspansif, konstruktif,
dan stasioner.
1. Piramida Penduduk Ekspansif
Bentuk piramida ekspansif terjadi jika sebagian
besar penduduk berada dalam kelompok umur
muda. Bentuk piramida ini dicirikan melebar di
bagian bawah dan semakin meruncing di bagian
atasnya. Hal ini menunjukkan banyaknya tingkat
kelahiran. Bentuk piramida semacam ini umumnya
terjadi di negara-negara sedang berkembang.
2. Piramida Penduduk Konstruktif
Bentuk piramida konstruktif terjadi jika
sebagian besar penduduk berada dalam kelompok
umur dewasa. Bentuk piramida ini dicirikan
dengan bentuk mengecil di kelompok umur muda,
melebar di kelompok umur dewasa, dan mengecil
kembali di kelompok umur tua. Kondisi ini
menunjukkan adanya penurunan yang cepat
terhadap tingkat kelahiran dan rendahnya tingkat
kematian penduduk. Bentuk piramida seperti ini
terdapat di negara-negara maju, seperti Jepang dan Swedia.
3. Piramida Penduduk Stasioner
Bentuk piramida stasioner terjadi jika jumlah
penduduk pada tiap kelompok umur (muda,
dewasa, dan tua) relatif seimbang. Bentuk piramida
ini dicirikan dengan bentuk yang relatif sama atau
rata di tiap kelompok umur.
Pada umumnya, bentuk piramida semacam ini
terdapat di negara-negara Eropa yang telah lama
maju serta mempunyai tingkat kelahiran dan tingkat
kematian yang rendah.
Pembagian penduduk
kelamin dapat kalian perhatikan pada tabel berikut!
Piramida tersebut dapat diartikan bahwa penduduk
masih tergolong penduduk muda. Ini terlihat dari persentase penduduk
pada kelompok umur muda (0-14 tahun) sebesar 30,43%, sementara
kelompok umur tua (65 tahun atau lebih) sebesar 4,54%. Kondisi ini
tidak berbeda jauh dengan keadaan pada tahun 1980 dan 1990.
Namun demikian, bila dilihat tren pada kelompok umur muda
menunjukkan penurunan persentase, sementara, pada kelompok umur
tua menampakkan kenaikan persentase yang berarti jumlah penduduk
lanjut usia semakin meningkat. Bentuk piramidanya pun tidak lagi
menunjukkan bentuk piramida muda (ekspansif) murni, karena kakikaki
atau dasar piramida tidak lagi menunjukkan data terbesar.
Carilah data komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin berdasarkan hasil
sensus penduduk tahun 1980 dan 1990! Gambarkanlah piramida penduduknya, dan
bandingkan dengan pola piramida penduduk tahun 2000! Apa yang dapat kalian
simpulkan?
Rasio Jenis Kelamin dan Rasio Beban
Ketergantungan D.
1. Rasio Jenis Kelamin
Rasio jenis kelamin (sex ratio) merupakan angka perbandingan
antara jumlah penduduk laki-laki dengan jumlah penduduk
perempuan di suatu daerah. Penyajian data mengenai sex ratio dapat
ditampilkan secara umum (tanpa melihat kelompok umur) atau juga
dapat didasarkan kelompok umur tertentu. Rasio jenis kelamin
dapat diketahui dengan menggunakan rumus berikut ini.
52 Ilmu Pengetahuan Sosial VIII
SR = MF
× 100
SR = Sex Ratio atau rasio jenis kelamin
M = Male atau jumlah penduduk laki-laki
F = Female atau jumlah penduduk perempuan
Perhatikan contoh berikut!
Berdasarkan Sensus Penduduk tahun 2000, diketahui jumlah
penduduk laki-laki
penduduk perempuan sejumlah 101.814.435. Berapa sex ratio-nya?
Jawab: SR = MF
× 100 = 101.641.570
101.814.435 × 100 = 99,83
Artinya, pada tahun 2000 setiap 100 penduduk perempuan di
didasarkan pada kelompok umur tertentu, maka rumusnya menjadi:
SRi = i
1
MF
× 100
SRi = Sex Ratio atau rasio jenis kelamin umur tertentu
Mi = Male atau jumlah penduduk laki-laki umur tertentu
Fi = Female atau jumlah penduduk perempuan umur tertentu
Perhatikan contoh berikut!
Pada tahun 1995, jumlah penduduk laki-laki berumur 10 - 14 tahun
di Indonesia berjumlah 11.201.588 orang, sedangkan jumlah penduduk
perempuan sebesar 10.617.694 orang. Berapakah sex ratio-nya?
Jawab: SR(10 – 14) = i
1
MF
× 100
SR(10 – 14) = (10 - 14)
(10 - 14)
M
F × 100 = 11.201.588
10.617.694 × 100 = 105,55
Artinya, pada tahun 1995 setiap 100 penduduk perempuan di
2. Rasio Beban Ketergantungan
Rasio beban ketergantungan (dependency ratio) adalah
perbandingan antara jumlah penduduk yang belum produktif (usia
<> 64 tahun) dengan jumlah
penduduk produktif (usia 14 - 64 tahun).
Rasio beban ketergantungan dapat dirumuskan berikut ini.
DR =
(Penduduk belum produktif) + (Penduduk tidak produktif)
(Jumlah penduduk usia produktif) × 100
Perhatikan contoh berikut!
Berdasarkan Tabel 2.7, diketahui jumlah penduduk usia
produktif sebanyak 133.057.300 jumlah penduduk belum produktif
sebanyak 63.205.600 dan penduduk yang tidak produktif sebanyak
9.580.100. Berapa rasio beban ketergantungannya?
Bab 2 Dinamika Penduduk 53
Jawab:
DR =
(Penduduk belum produktif) + (Penduduk tidak produktif)
(Jumlah penduduk usia produktif) × 100
= 63.205.600 + 9.580.100
133.057.300 × 100
= 72.785.700
133.057.300 × 100
= 54,70 ≈ 55
Artinya, setiap 100 orang penduduk produktif menanggung
beban hidup sebanyak 55 orang yang belum atau tidak produktif.
Jelaskan arti pentingnya angka perbandingan jenis kelamin! Mengapa angka
ketergantungan dapat memengaruhi proses pembangunan? Diskusikan dengan
kelompok belajar kalian dan paparkan hasilnya dalam diskusi kelas!
E. Jenis-Jenis Migrasi dan Faktor Penyebabnya
Migrasi adalah perpindahan penduduk antardaerah dengan
melintasi batas administrasi tertentu, baik untuk tinggal sementara
ataupun menetap. Migrasi yang dilakukan untuk menetap dapat
memengaruhi perubahan jumlah penduduk suatu daerah.
Berdasarkan jangkauan kepindahannya, migrasi dapat dibedakan
menjadi migrasi lokal atau nasional dan migrasi internasional.
1. Migrasi Lokal/Nasional
Migrasi lokal/nasional adalah perpindahan penduduk dari
suatu daerah ke daerah lain dalam satu negara. Bentuk-bentuk
migrasi lokal dapat dibedakan, menjadi berikut ini.
a. Sirkulasi
Sirkulasi merupakan bentuk perpindahan
penduduk tidak menetap, namun ada juga
yang menetap atau tinggal untuk sementara
waktu di daerah tujuan. Berdasarkan intensitas
waktunya, sirkulasi dapat dibedakan menjadi
sirkulasi harian, mingguan, atau bulanan.
1) Sirkulasi harian adalah perpindahan
penduduk dari suatu daerah ke daerah
lain yang dilakukan pada pagi hari dan
kembali pada sore atau malam harinya
(ulang-alik tanpa menginap). Pelaku
sirkulasi ulang-alik ini disebut dengan
penglaju atau komuter.
b. Urbanisasi
Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke
dalam satu pulau. Urbanisasi pada umumnya bersifat menetap,
sehingga dapat memengaruhi jumlah penduduk
ataupun jumlah penduduk di desa yang ditinggalkan. Terjadinya
urbanisasi dipengaruhi oleh faktor pendorong dan faktor penarik,
berikut ini.
Faktor pendorong:
1) kurang bervariasinya peluang kerja dan
kesempatan berusaha, khususnya di luar
sektor pertanian;
2) semakin sempitnya lahan pertanian;
3) rendahnya upah tenaga kerja;
4) keterbatasan sarana dan prasarana sosial;
5) adanya perasaan lebih terpandang bila
dapat bekerja di
6) merasa tidak cocok lagi dengan pola
kehidupan di desa.
Faktor penarik:
1) lebih bervariasinya peluang kerja dan
kesempatan berusaha di
2) upah tenaga kerja di
3) ketersediaan sarana dan prasarana sosial yang kompleks.
2) Sirkulasi mingguan adalah perpindahan penduduk dari suatu
daerah ke daerah lain pada awal pekan dan akan kembali pada
akhir pekan (ulang-alik dengan menginap).
3) Sirkulasi bulanan adalah perpindahan penduduk dari suatu
daerah ke daerah lain yang dilakukan sebulan sekali. Sirkulasi
bulanan terjadi jika jarak tempuh antardaerah relatif jauh,
sehingga dianggap tidak efektif (baik dari segi waktu atau
biaya) untuk melakukan sirkulasi harian atau mingguan.
c . Ruralisasi
Ruralisasi adalah kebalikan dari urbanisasi, yaitu perpindahan
penduduk dari
dilakukan oleh mereka yang dulu pernah melakukan urbanisasi,
namun banyak juga pelaku ruralisasi yang merupakan orang
asli. Faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya ruralisasi dibedakan
menjadi faktor pendorong dan faktor penarik berikut ini.
Faktor pendorong:
1) kejenuhan tinggal di
2) harga lahan di
3) keinginan untuk memajukan desa atau daerah asalnya; serta
4) merasa tidak mampu lagi mengikuti dinamika kehidupan di
Faktor penarik:
1) harga lahan di pedesaan relatif masih murah;
2) pola kehidupan masyarakatnya lebih sederhana;
3) suasana lebih tenang, sehingga cocok untuk penduduk usia
tua dalam menjalani masa pensiun; serta
4) adanya perasaan keterkaitan dengan daerah asal atau
kenangan masa kecil.
d. Transmigrasi
Transmigrasi yaitu perpindahan penduduk dari daerah atau
pulau yang padat penduduknya ke daerah (pulau) yang berpenduduk
jarang. Pelaku transmigrasi disebut dengan transmigran.
Berdasarkan pelaksanaannya, transmigrasi dapat dibedakan,
menjadi berikut ini.
1) Transmigrasi umum, yaitu transmigrasi yang dilakukan melalui
program pemerintah. Biaya transmigrasi ditanggung
pemerintah, termasuk penyediaan lahan pertanian dan biaya
hidup untuk beberapa bulan.
2) Transmigrasi spontan, yaitu transmigrasi yang dilakukan atas
kesadaran dan biaya sendiri (swakarsa).
3) Transmigrasi sektoral, yaitu transmigrasi yang biayanya ditanggung
bersama antara pemerintah daerah asal dan
pemerintah daerah tujuan transmigrasi.
4) Transmigrasi bedol desa, yaitu transmigrasi
yang dilakukan terhadap satu desa atau
daerah secara bersama-sama. Transmigrasi
ini dilakukan karena beberapa
faktor, antara lain:
a) daerah asal terkena pembangunan
proyek pemerintah, misalnya pembangunan
waduk yang luas; atau
b) daerah asal merupakan kawasan
bencana, sehingga masyarakat yang
ada di dalamnya harus dipindahkan.
2. Migrasi Internasional
Migrasi internasional adalah perpindahan penduduk antarnegara.
Migrasi internasional terjadi karena beberapa hal, antara lain,
karena terjadi peperangan, bencana alam, atau untuk mencari
kehidupan yang lebih baik. Migrasi internasional dapat
dibedakan menjadi dua, yaitu imigrasi dan emigrasi.
a. Imigrasi adalah masuknya penduduk dari luar
negeri ke dalam negeri untuk tujuan menetap.
Pelaku imigrasi disebut dengan imigran.
b. Emigrasi yaitu perpindahan penduduk dari dalam
negeri ke luar negeri untuk tujuan menetap.
Pelaku emigrasi disebut dengan emigran.
Terjadinya migrasi penduduk dari
suatu daerah ke daerah yang lain
dikarenakan daerah yang dituju
memiliki kelebihan tertentu seperti
tingkat ekonomi, kehidupan sosial
dan situasi politik yang lebih baik.
Dampak-Dampak Migrasi dan Upaya
Penanggulangannya F.
Pernahkah kalian mendengar istilah imigran atau emigran gelap? Carilah makna kata
tersebut, persiapkan diri kalian jika sewaktu-waktu bapak/ibu guru menunjuk kalian
untuk menguraikannya secara lisan!
1. Sirkulasi
a. Dampak Positif Sirkulasi
1) Terjadi penyerapan tenaga kerja dari luar daerah.
2) Memperoleh tenaga kerja dengan upah yang relatif lebih murah.
3) Adanya arus para penglaju dapat meningkatkan sarana dan
prasarana transportasi.
4) Terjadi pemerataan pendapatan.
b. Dampak Negatif Sirkulasi
1) Menimbulkan kenaikan volume lalu lintas dan angkutan
pada jam-jam atau hari-hari tertentu, misalnya di pagi dan
sore hari atau pada awal pekan dan akhir pekan.
2) Mengurangi peluang kerja bagi masyarakat atau penduduk
asli.
3) Beban
terjadinya kenaikan jumlah penduduk (khususnya di siang
hari) sehingga
2. Urbanisasi
a. Dampak Positif Urbanisasi
1) Mengurangi angka pengangguran di daerah pedesaan.
2) Masyarakat desa yang bekerja di
kesejahteraan keluarganya.
3)
pengalaman kerjanya di desa, misalnya dengan
membuka usaha sendiri di desanya.
b. Dampak Negatif Urbanisasi
1) Desa kehilangan tenaga kerja, khususnya
generasi muda sebagai tenaga penggerak
pembangunan.
2) Peluang kerja di
karena sebagian telah diisi oleh tenaga kerja
dari luar daerah.
3) Merebaknya kawasan-kawasan kumuh di
4) Meningkatkan kesenjangan sosial masyarakat
5) Merebaknya sektor-sektor informal, seperti PKL, yang
dapat mengurangi keindahan
6) Peningkatan jumlah penduduk di
sarana dan prasarana sosial.
7) Meningkatkan angka kriminalitas di
pengangguran.
3. Transmigrasi
a. Dampak Positif Transmigrasi
1) Memeratakan kepadatan penduduk.
2) Meningkatkan hasil pertanian dan kesejahteraan masyarakat.
3) Merangsang pembangunan di daerah baru.
4) Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa melalui pembauran
antarsuku bangsa.
b. Dampak Negatif Transmigrasi
1) Berkurangnya areal hutan untuk lahan permukiman.
2) Terganggunya habitat hewan liar di daerah tujuan transmigrasi.
3) Pada beberapa kasus, pelaksanaan transmigrasi terkadang
menimbulkan kecemburuan sosial antara penduduk asli
dengan para pendatang.
Untuk mengantisipasi dampak-dampak negatif dari berbagai jenis
migrasi tersebut, pemerintah mengambil langkah-langkah, berikut ini.
1. Merealisasikan pemerataan pembangunan antardaerah, sehingga
kesenjangan pembangunan dapat dikurangi.
2. Melaksanakan program-program pembangunan desa, seperti
pelaksanaan IDT (Inpres Desa Tertinggal) dan program Bangga
Suka Desa, sehingga dapat lebih mengoptimalkan pembangunan
desa.
3. Meningkatkan hasil-hasil pertanian melalui intensifikasi pertanian
ataupun ekstensifikasi pertanian.
4. Merangsang kegiatan industri di pinggiran
dengan kawasan pedesaan, sehingga dapat menyerap lebih
banyak tenaga kerja.
5. Melakukan kebijakan “
penduduk (khususnya penduduk pendatang) yang tidak memiliki
KTP atau pekerjaan tetap untuk tinggal di
6. Melaksanakan pembangunan terpadu antardaerah dalam satu
kawasan, misalnya antara
Depok dan
memusat di
Diskusikan dengan kelompok belajar kalian tentang dampak positif dan dampak negatif
dari migrasi internasional! Buatlah sebuah resume tentang hasil diskusi kalian!
Kemudian serahkan kepada bapak/ibu guru untuk mendapatkan penilaian!
* Masalah kependudukan merupakan masalah umum yang dialami oleh setiap
negara di dunia, yang secara garis besar dapat dibedakan menjadi masalah
yang berkaitan dengan kuantitas penduduk dan masalah yang berkaitan
dengan kualitas penduduk.
* Data tentang kependudukan dapat diperoleh dengan melalui metode sensus
penduduk, registrasi penduduk, dan survai penduduk.
* Masalah-masalah kependudukan di
penduduk antara lain jumlah penduduk yang besar, pertumbuhan penduduk
yang tinggi, serta kepadatan dan persebaran penduduk yang tidak merata.
* Masalah-masalah kependudukan di
penduduk meliputi masalah pendidikan, masalah kesehatan, dan tingkat
pendapatan perkapita yang masih rendah.
* Pertumbuhan penduduk dapat dibedakan menjadi pertumbuhan penduduk
alami, pertumbuhan penduduk migrasi, dan pertumbuhan penduduk total.
Sementara faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk meliputi
faktor demografi (kelahiran, kematian dan migrasi) serta faktor nondemografi
(kesehatan dan tingkat pendidikan).
* Piramida penduduk adalah suatu jenis grafik balok tentang komposisi
penduduk menurut umur dan jenis kelamin pada saat tertentu. Berdasarkan
bentuknya piramida penduduk dibedakan menjadi piramida penduduk
ekspansif, konstruktif, dan stasioner.
* Rasio jenis kelamin (sex ratio) merupakan angka perbandingan antara jumlah lakilaki
dengan jumlah penduduk perempuan di suatu wilayah. Sementara beban
ketergantungan (dependency ratio) adalah perbandingan antara jumlah penduduk
yang belum dan tidak produktif dengan jumlah penduduk yang produktif.
* Migrasi adalah perpindahan penduduk antardaerah yang melintasi batas
administrasi tertentu, baik untuk tinggal sementara atau pun menetap. Migrasi
dibedakan menjadi migrasi nasional yang meliputi sirkulasi, urbanisasi, rulalisasi,
transmigrasi, serta migrasi internasional yang meliputi imigrasi dan emigrasi.
Renungkanlah!
Permasalahan kependudukan di
yang berkaitan dengan kuantitas penduduk maupun masalah-masalah yang
berkaitan dengan kualitas penduduk. Sejauh ini pemerintah kita sudah ber-upaya
untuk mengatasi berbagai masalah tersebut meskipun belum sepenuhnya berhasil
dengan maksimal. Berkaitan dengan hal tersebut kita sebagai generasi muda yang
merupakan bagian dari penduduk
terus belajar meningkatkan serta mengembangkan potensi diri agar kelak tidak
menjadi beban negara tetapi dapat menjadi bagian dari sumber daya manusia yang
berkualitas yang mampu menjadi motor penggerak pembangunan.
A. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1. Made adalah orang Bali asli, sudah dua tahun ia kuliah di Universitas
(UI)
di Jakarta. Pelaksanaan sensus seperti itu disebut ... .
a. convasser c. de jure
b. house holder d. de facto
2. Faktor-faktor yang memengaruhi dinamika penduduk adalah ... .
a. migrasi, pendapatan, dan pertumbuhan penduduk
b. jumlah penduduk, pertumbuhan penduduk, dan migrasi
c. kelahiran, migrasi, dan keluarga berencana
d. kelahiran, kematian, dan migrasi
3. Pendataan penduduk terhadap daerah tertentu untuk mendapatkan data
tentang sifat dan perilaku penduduk yang dilakukan dengan sistem sampel
atau dalam bentuk studi kasus disebut ... .
a. sensus penduduk c. regritasi penduduk
b. pendataan penduduk d. survei penduduk
4. Transmigrasi dilakukan untuk tujuan-tujuan berikut, kecuali ... .
a. menyeragamkan akar budaya daerah tertentu
b. meningkatkan kesejahteraan penduduk
c. meratakan jumlah penduduk
d. memperkukuh ketahanan nasional
5. Elemen-elemen pembentuk piramida penduduk adalah ... .
a. jumlah penduduk dan pendapatan perkapita
b. kelompok umur dan beban ketergantungan
c. jenis kelamin dan mata pencaharian
d. kelompok umur dan jenis kelamin
6. Berikut adalah berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam
upaya mengatasi masalah jumlah penduduk, kecuali ... .
a. mencanangkan program KB
b. menetapkan batas usia nikah yang diatur dalam undang-undang
c. membatasi tunjangan anak bagi PNS/ABRI
d. membangun berbagai sarana kesehatan
7. Rendahnya tingkat kesehatan penduduk di
beberapa indikator berikut ini, kecuali ... .
a. angka kematian bayi yang tinggi
b. angka harapan hidup yang rendah
c. banyaknya anak-anak gizi buruk
d. angka harapan hidup yang tinggi
8. Rasio ketergantungan adalah perbandingan antara jumlah ... .
a. penduduk tidak produktif dengan penduduk produktif
b. penduduk belum produktif dengan penduduk produktif
c. penduduk belum dan tidak produktif dengan penduduk produktif
d. penduduk produktif dan belum produktif dengan penduduk tidak
produktif
9. Pelaksanaan transmigrasi yang diharapkan pemerintah karena menggunakan
biaya sendiri oleh para transmigran adalah ... .
a. transmigrasi umum c. transmigrasi spontan
b. transmigrasi sektoral d. transmigrasi bedol desa
10. Penundaan usia pernikahan yang dilakukan oleh seseorang karena alasan
ekonomi, menempuh pendidikan ataupun karir secara tidak langsung dapat
memengaruhi pertumbuhan penduduk, karena hal tersebut termasuk faktor
.... .
a. antinatalitas c. antimortalitas
b. pronatalitas d. promortalitas
11. Metode sensus yang paling tepat digunakan untuk melakukan pencatatan
di daerah yang mayoritas penduduknya memiliki tingkat pendidikan yang
rendah adalah sensus ... .
a. house holder c. de facto
b. canvaser d. de jure
12. Berikut ini yang bukan termasuk dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan
dari jumlah penduduk yang besar adalah ... .
a. meningkatnya angka kriminalitas
b. meningkatnya kebutuhan akan berbagai fasilitas sosial
c. semakin sempitnya lapangan kerja
d. meningkatnya pendapatan negara dari sektor pajak
13. Upaya-upaya pemerintah berikut ini yang paling tepat untuk mengatasi
masalah persebaran penduduk yang tidak merata di
a. mencanangkan program KB
b. meningkatkan pelayanan kesehatan
c. melaksanakan program transmigrasi
d. menggalakkan program wajar 9 tahun
14. Gambar di samping merupakan
piramida tipe ... .
a. konstruktif
b. stasioner
c. ekspansif
d. konvensional
15. Kurang bervariasinya peluang kerja dan kesempatan berusaha di desa
merupakan ... .
a. faktor penarik urbanisasi c. faktor penarik ruralisasi
b. faktor pendorong urbanisasi d. faktor pendorong ruralisasi
16. Kondisi penduduk yang dicirikan dengan kelahiran dengan kematian relatif
seimbang, kelompok penduduk muda memiliki proporsi yang sama dengan
kelompok penduduk dewasa, maka akan digambarkan dengan piramida
penduduk berbentuk ... .
a. konstruktif c. ekspansif
b. stasioner d. konvensional
17. Jenis-jenis migrasi berikut berpengaruh terhadap perubahan jumlah penduduk
suatu daerah, kecuali ... .
a. urbanisasi c. ruralisasi
b. transmigrasi d. sirkulasi
18. Merebaknya berbagai sektor informal dan munculnya slum area di daerah
perkotaan merupakan salah satu dampak negatif dari ... .
a. sirkulasi penduduk c. transmigrasi
b. urbanisasi d. emigrasi
19. Apabila diketahui angka sex ratio daerah X adalah 90, maka dapat disimpulkan
bahwa ... .
a. jumlah laki-laki di daerah X lebih banyak daripada wanitanya
b. di daerah X setiap 100 laki-laki terdapat wanita sebanyak 90
c. jumlah wanita di daerah X lebih sedikit daripada jumlah laki-lakinya
d. di daerah X setiap 100 wanita terdapat laki-laki sebanyak 90
20. Pak Nababan adalah orang Sumatra Utara asli, namun sudah tiga tahun ia
dan keluarganya tinggal dan menetap di Amerika Serikat. Di tinjau dari
negara asalnya, Pak Nababan telah melakukan ... .
a. imigrasi c. emigrasi
b. emigrasi d. remigrasi
B. Kerjakan soal-soal berikut!
1. Mengapa dalam sebuah negara perlu dilakukan sensus penduduk? Apa
kegunaan data hasil sensus bagi pemerintah?
2. Coba carilah data jumlah penduduk menurut umur dan jenis kelamin di
daerah kalian masing-masing, lalu buatlah bentuk piramidanya!
3. Sebutkan faktor-faktor penghambat kelahiran!
4. Apa yang dimaksud dengan angka usia harapan hidup?
5. Sebutkan dampak positif dan dampak negatif transmigrasi!
6. Sebutkan faktor pendorong dan faktor penarik timbulnya urbanisasi!
7. Jika diketahui jumlah penduduk usia produktif sebanyak 855.000 sedangkan
jumlah penduduk belum produktif sebanyak 175.000 dan penduduk yang
tidak produktif sebanyak 85.000. Berapa rasio beban ketergantungannya?
8. Sebutkan upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi
dampak ledakan penduduk di bidang kependudukan dan ketenagakerjaan!
9. Apa yang dimaksud transmigrasi bedol desa? Mengapa dapat terjadi?
10. Mengapa kepadatan penduduk
menurut pendapat kalian!
***
http://www.edu2000.org/portal/
Senin, 22 September 2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar